5 Suggestions Agar Anak Mau Makan Sayur

Written by Spike on June 26, 2020 in Cara agar anak mau makan sayur with no comments.

Sayang, membiasakan anak untuk menyantap makanan sehat tersebut bukan tanpa halangan. Saat ini, beragam pilihan camilan dan santapan kemasan begitu mudah dijumpai – bahkan dipasarkan secara jitu untuk menyasar kalangan anak. Tak mengejutkan bila konsumsi sayur dan buah mereka pun kerap terabaikan.

Ibu asal Vietnam yang tinggal di Perancis ini sering membagikan berbagai food art di Instagram dan Facebook pribadinya. Menu makanan dengan sentuhan artistik ini disajikan untuk anaknya, Liam. Memang sih membutuhkan effort yang lumayan untuk membuat makanan menjadi semenarik ini.

Tips agar anak doyan sayur yang pertama adalah dengan melatih anak makan sayur sejak dini. Ini merupakan hal utama yang wajib dilakukan, untuk membiasakan anak mengonsumsi sayur-sayuran. Jessica selaku pemilik usaha bento membagikan ideas untuk membuat anak tetap bisa makan sayuran.

Maraknya berita tentang jaringan pedofilia di Facebook tentunya membuat orang tua khawatir. Lakukan beberapa hal ini untuk membentengi anak dari kejahatan seksual di dunia maya maupun di lingkungan rumah dan sekolah. Anak selalu senang ketika diberi pujian atau hadiah ketika mereka berhasil melakukan sesuatu. Begitu juga dengan makan sayuran, mungkin hal ini sepele namun perlu Anda berikan pujian atau penghargaan ketika mereka bisa memakan sayuran. Sehingga, anak pun memiliki peluang yang besar untuk terkena berbagai jenis penyakit.

Cara agar anak mau makan sayur

Ingat, semua ini harus diberikan tanpa tambahan garam ataupun gula hingga mereka berusia satu tahun dan bisa mengonsumsi makanan rumahan. Selain menjauhkan anak dari makanan sehat, penggunaan gula dan garam bisa berdampak buruk terhadap anak-anak. Misalnya garam yang tak baik bagi kinerja ginjal anak yang masih lemah, atau gula yang mengganggu kesehatan mulut dan membuat anak menjadi lebih hiperaktif. Semakin segar sayuran yang diolah, akan semakin lezat rasanya.

Mengajak temannya untuk makan sayur bersama dapat anda coba. Jika anak melihat temannya mengonsumsi sayuran maka ia akan termotivasi. Namun, pastikan anda jangan membanding-bandingkan anak anda dengan temannya. Alhasil dengan adanya pemaksaan tersebut, tidak jarang anak akan semakin tidak menyukai sayur mayur. Menurut Psikolog Anak, Putu Andani, M.Psi, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan metode play eatfull. Mengajak serta anak saat mempersiapkan buah dan sayur juga dapat dilakukan supaya anak lebih tertarikuntuk mencoba memakan buah.

Jadi, tak mengapa jika mereka ingin memakan potongan wortel dengan celupan saus keju atau timun dengan mayones. Orang tua juga harus memberikan contoh dengan memakan buah dan sayur. Hal ini bertujuan agar anak-anak mengikuti apa yang orang tua lakukan. Menurut Sophia Komninou menyelipkan sayuran di dalam makanan lain mungkin menjadi salah satu cara untuk menyiasati anak agar makan sayur, tapi itu bukan cara terbaik. Anak justru perlu mengenalkan anak pada sayur dengan seluruh indera mereka, bukan malah menyembunyikannya. Jangan lupa untuk membuat teksturnya benar-benar halus dan buang kulitnya sebelum diberikan kepada anak.

Anda juga dapat mengkombinasikannya dengan bahan makanan yang lainnya. Maka dari itu, sebaiknya tanya pada si kecil sayuran apa yang ingin ia makan. Hindari memarahinya karena ia hanya mau makan satu jenis sayuran saja. Selain itu, jangan memaksa anak untuk memilih menu sayuran yang lainnya. Walaupun anak hanya mau makan satu jenis sayuran, setidaknya ia mau makan sayuran dibandingkan tidak sama sekali. Agar anak mau makan sayur, maka saat pertamakali mengenalkan makanan padat anda dapat membuat makanan dengan variasi sayuran pada MPASI-nya.

Comments are closed.