Anak Susah Makan Jangan Dibiarkan! Ini 10 Cara Mengatasi Yang Tepat

Written by Spike on June 19, 2020 in Cara agar anak mau makan sayur with no comments.

Asupan yang mencukupi dapat diketahui dengan menerapkan pola gizi seimbang. Ada beberapa kelompok yang sangat rentan akan pemenuhan zat gizi, salah satunya adalah kelompok anak-anak. Artinya, anak-anak harus mencukupi asupan makanannya sesuai dengan pesan gizi seimbang. Selain itu asupan gizi yang seimbang diperlukan untuk menjaga tumbuh-kembang anak agar tetap baik.

Meski sesekali si kecil menolak menyantap makanan atau camilan yang Anda sajikan, ia akan mengerti bahwa setiap hari, pada waktu tertentu, pasti tersedia makanan di meja makan. Dengan begitu, ia akan bilang pada saat lapar dan ingin makan. Cara mengatasi anak susah makan nasi tak harus selalu berpatokan pada jenis makanannya. Bunda juga dapat berusaha membangun suasana makan yang menyenangkan. Salah satunya dengan memberi si kecil alat makan khusus miliknya. Ajak si kecil memilih sendiri peralatan makannya sehari-hari, mulai dari sendok, garpu, piring, mangkuk, hingga gelas.

Dengan begitu, maka si kecil akan lebih bersemangat untuk makan. Namun, hindari reward makanan manis, tinggi lemak, gorengan atau makanan yang berdampak buruk untuk si kecil. Anda bisa mengajaknya untuk menyiapkan menu sarapan atau bekalnya hingga meminta anak memilih menu favoritnya. Agar bisa menjamin bahwa camilan itu sehat, lebih baik Anda buat sendiri di rumah. Jangan lupa juga untuk selalu menyediakan sajian makanan dengan tampilan yang menarik, misalnya menghias makanan seperti kartun favoritnya.

Cara agar anak mau makan banyak

Selain itu dengan penuhnya kegiatan anak di sekolah ataupun bermain terkadang anak mulai lupa akan jadwal makannya. Sehingga energi yang digunakan untuk beraktifitas tidak akan terganti dari asupan yang memadai. Selain itu anak akan memiliki kecenderungan untuk mengkonsumsi makanan ringan saja atau jajan. Banyak ibu yang mencoba untuk memberikan susu ketika anak mengeluh lapar. Ini cara yang tidak tepat karena anak terbiasa mengatasi lapar dengan susu. Sementara susu bukan termasuk makanan karena kandungan nutrisinya berbeda dengan makanan.

Terkadang, karena suatu kondisi tertentu, misalnya ingin terlihat cantik dan menarik, anak mengubah pola pikirnya mengenai kegiatan makan. Semakin anak dipaksa untuk menghabiskan makanannya, semakin susah anak untuk makan. Memaksa tidak pernah menjadi solusi yang tepat untuk mengatasi masalah pada anak. Bukan tidak mungkin, paksaan yang Anda berikan malah akan semakin membuat anak susah untuk makan makanan yang telah disediakan.

Biasanya, anak-anak mendapatkan maksimal 25 persen kalori hariannya dari cemilan.Jadi, sangat penting untuk diingat bahwa makanan yang mereka makan harus bermanfaat dan bergizi. Kebiasaan anak sangat dipengaruhi oleh kebiasaan orang tua maka tunjukalnlah kebiasaan yang baik saat makan agar anak anda juga melakukan hal yang sama. Terapkan pola makan ini secara rutin agar anak hapal jadwal makannya. Camilan juga sebaiknya dibuat dalam porsi kecil agar tidak membuatnya terlalu kenyang sehingga melewatkan waktu makan selanjutnya.

Susu baik untuk pembentukan kepadatan tulang di saat masa pertumbuhannya. Kalsium pada susu meningkatkan kepadatan tulang dan gigi si kecil. Kualitas susu yang baik juga baik untuk menjaga kesehatan tekanan darah Si Kecil. Setelah itu, Moms akan lebih mudah untuk mengajaknya makan sayur.

Dengan berolahraga, maka detak jantungnya akan meningkat dan lebih sehat. Hal ini akan membantu pembakaran kalori di dalam tubuh sehingga ia makin nafsu makan. Tak hanya enak, ibu juga bisa buat makanan dengan tampilan yang menarik, seperti mencetak nasi goreng menjadi bentuk beruang, atau kelinci. Letakkan juga makanan di wadah favorit si kecil agar ia menjadi semakin tertarik. Dokter akan membantu mencari tahu penyebab dan penanganan sesuai kondisi buah hati Anda. Jika anak kehilangan semangat untuk makan atau melakukan aktivitas yang biasanya disukai anak, bisa saja anak mengalami depresi.

Penjelasan dr. Nuvi Nusarintowati, Sp.A, dokter spesialis anak dari Awal Bros Evasari, waktu makan anak hanyalah 15 menit. Jika lebih dari itu, maka Mama sebaiknya menyudahi waktu makan. Di sisi lain, susu sendiri merupakan asupan pelengkap, bukan asupan pokok untuk memenuhi nutrisi harian anak. Adapun solusi dari kondisi ini ialah Moms perlu mengajak mereka major dulu.

Jika anak masih sulit untuk makan maka bawa anak ke dokter karena mungkin anak sedang sakit. Untuk meningkatkan nafsu makan anak maka cobalah memberikan makanan yang disukai oleh anak. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membujuk anak mau makan. Bahkan Anda bisa mengajak anak untuk memasak bersama makanan favorit mereka sehingga anak merasa lebih senang saat makan.

Comments are closed.