Apa Yang Harus Dilakukan Jika Anak Tidak Patuh?

Written by Spike on December 18, 2020 in Cara orang tua dan anak berkomunikasi dengan baik with no comments.

Kekerasan yang dilakukan akan membuat remaja dengan watak keras kepala menjadi memiliki trauma bahkan perasaan dendam. Dilansir dari klikdokter.com, emosi pada remaja yang masih labil dan sering kali dipengaruhi temper, membuat mereka rentan mengalami depresi. Pada saat-saat seperti ini, peran orang tua dinilai sangat penting agar para remaja tidak terjerumus ke hal-hal negatif yang dapat merugikan orang lain. Cara mendidik anak supaya pintar tidak selalu harus duduk di meja belajar dan mempelajari berbagai mata pelajaran. Dengan memperkenalkan si Kecil pada dasar-dasar kehidupan, pencapaian akan mengiringi semua proses tersebut dan ia akan lebih pintar menghadapi tantangan.

Supaya lebih untung saat belanja, saat ini banyak tersedia promo diskon hingga cashback yang bisa digunakan masyarakat. Bagi yang ingin pergi ke mal untuk berbelanja, jangan lupa bawa barang-barang ini saat belanja agar tetap aman. Seperti hand sanitizer, tisu kering dan basah, alat makan hingga tas belanja sendiri. Selain menjaga kebersihan, ke-lima barang tersebut bisa memberikan rasa aman saat makan, jajan atau belanja di mal. Dengan membawa kantong belanja, kita sudah berperan aktif dalam menekan penggunaan kantong plastik serta nggak perlu keluar uang lagi untuk membeli tas belanja yang akhirnya menumpuk di rumah. Demam yang menjadi gejala penyakit tidak berbahaya sebetulnya tidak perlu diobati.

Orang tua yangmengenali anaknya akan tahu perkembangan fisik maupun psikologis anaknya, karena mereka akan peka terhadap perubahan sikap yang tejadi pada anaknya. dengan mengenali anak, orang tua dapat lebih mengontrol perilaku anaknya. Menjadi orangtua adalah salah satu tantangan paling besar dan paling berat dalam kehidupan seseorang. Tentunya, pola asuh yang diterapkan pada anak yang satu dan anak lainnya berbeda-beda dan bergantung pada temperamen anak. Beberapa orangtua mungkin menerapkan pola asuh permisif yang tidak membatasi anak akan sesuatu. Namun, beberapa yang lain mungkin saja menerapkan pola asuh “Helicopter Parenting” yang selalu mengawasi anak-anak kapan saja dan di mana saja.

Dalam prosesnya mungkin anak menjadi lebih argumentatif dan terkadang berperilaku tidak sopan. Sering kali beberapa pesan yang ingin disampaikan anak tak dimengerti orangtua. Ada baiknya orangtua belajar untuk memahami apa yang diinginkan anak. Di usia 5 sampai 6 tahun, anak-anak mulai berpikir tentang alasan dari berbagai hal di sekitarnya. Ini akan memberikan kesempatan pada mereka untuk memahami maksud dan tujuan sebuah aturan dibuat.

Biarkan anak membuat pilihan sesuai usianya, misalnya memberikan mereka waktu bersantai dari jadwal hariannya yang padat. Namun, mereka juga harus tahu bahwa ada batasan yang harus dipatuhi, karena dikhawatirkan anak malah semakin bebas atau memanipulasi Anda untuk memberikan lebih banyak kebebasan padanya. Meskipun usia mereka sama, atau kembar sekalipun, keduanya tetap individu yang berbeda. Anda tidak dapat mengontrol apa yang diizinkan keluarga lain di rumah mereka sendiri, tapi Anda punya hak untuk menegakkan peraturan di rumah Anda. Tentu saja saya akan senang seandainya rumah saya seindah rumah-rumah di majalah desain dan inside. Tetapi dengan dua anak, saya tak bisa membayangkan apa yang harus saya korbankan demi mewujudkannya.

Hal ini akan membuatnya merasa nyaman dan selalu mendapatkan cukup kasih sayang dan cinta dari orang tuanya. Ketika anda membutuhkan bantuan anak-anak atau sewaktu anda hendak memberikan perintah kepada buah hati, hendaknya tidak usah berteriak atau mengomel dengan tidak jelas. Selain tidak akan menyelesaikan masalah, hal ini tidak akan membuat anak anda seger menghampiri anda dan melakukan perintah yang anda berikan pada mereka. Sebaliknya, kondisi anak-anak malah akan terkejut, takut dan bahkan kesal dengan tidak mau menghampiri atau bahkan berpura-pura tidak mendengar. Nah, untuk itulah sebuah teriakan bukanlah cara yang baik mendidik anak.

Selain itu, Anda juga bisa memberikannya hadiah tertentu untuk memperkuat perilaku positif si kecil. Perubahan anak menjadi keras kepala dan suka melawan, bisa jadi perilaku tersebut diakibatkan karena mereka melihat contoh yang sama. Oleh karena itu, sebaiknya hati-hati jika bersikap di depan si kecil, karena anak-anak sangat mudah meniru orang di sekitarnya.

Rasa takut akan muncul jika anak tidak terbiasa mengambil risiko dan melakukan hal yang mungkin saja merupakan langkah terbaik dan perlu dilalui. Ketika Anda mendorong anak untuk gagal sejak dini, rasa takut ketika ia dewasa dalam menghadapi persoalan hidup akan berkurang. Salah satu cara agar anak pintar adalah dengan meningkatkan cara kerja otak.

Anak hiperaktif bisa diakibatkan gangguan pada masa kehamilan akibat ibu stres, alergi, atau akibat komplikasi kehamilan lainnya. Namun anak hiperaktif juga bisa dari keturunan dari keluarga apabila sebelumnya ada anggota keluarga yang juga hiperaktif. Berhentilah memberikan toleransi pada anak-anak sewaktu aturan yang anda terapkan dilanggarnya. Semakin banyak toleransi yang anda berikan akan membuat anak lebih leluasa melanggar semua peraturan yang telah anda buat untuk mereka. Dengan begitu mereka akan cenderung menjadi pembangkang dan sulit diatur.

Cara agar anak patuh

Di harilibur, biarkanlah sikecil bermain atau menonton film kesukaannya lebih lama. Tunjukkan bahwa fleksibilitas itu ada tanpa membuat aturan menjadi lemah. Tunjukkan padanya bahwa dirinya harus berkata “tolong” saat meminta bantuan Anda atau orang lain, dan mengucapkan “terima kasih” ketika telah ditolong atau diberikan sesuatu oleh orang lain. Hal ini bisa membantunya untuk menjadi anak yang memiliki sikap sopan, terlebih pada orang yang berusia lebih tua.

Comments are closed.