Hutang Piutang Dalam Islam, Apakah Diperbolehkan?

Written by Spike on March 12, 2021 in LIP 4 with no comments.

Mereka yang cakap atau berbakat hendaknya menyiapkan diri untuk mencapai keahlian politik, yang sukar dan sekaligus amat luhur, dan berusaha mengamalkannya, tanpa memperhitungkan kepentingan pribadi atau keuntungan materiil. Hendaknya mereka dengan keutuhan kepribadiannya dan kebijaksanaan Slot Game Online menentang ketidakadilan dan penindasan, kekuasaan sewenang-wenang dan sikap tidak bertenggang rasa satu orang atau satu politik. Hendaknya mereka secara jujur dan wajar, malahan dengan cinta kasih dan ketegasan politik, membaktikan diri bagi kesejahteraan semua orang.

Kerap kita mengalami peristiwa tidak menyenangkan yang bahkan membuat kita sangat menyesal mengapa hidup harus dilanda hal buruk. Terkadang kita merasa pengalaman itu terlalu menyakitkan dan tidak seharusnya terjadi. Namun, orang yang hebat adalah yang masih bisa bertahan walaupun telah mengalami ribuan, bahkan jutaan pengalaman buruk yang justru dijadikannya sebagai guru terbaik.

Posisi Ummatan Wasathan memiliki nilai “adl” yang mengarah pada keharmonisan di antara masyarakat. Keseimbangan dalam Ummatan Wasathan disebut Quraish Shihab sebagai komunitas masyarakat moderat yang tidak larut dalam ekstrim materialisme dan tidak terjerumus dalam tarahhub spiritualisme yang berlebihan. Oleh karena itu, keharmonisan hidup diwarnai secara proporsional antara ilmu dan amal, baik dalam ber-Aqidah, beribadah, ber-akhlakul karimah, dan berinteraksi dalam muamalah. Pada dasarnya umat manusia mempunyai rasa belas kasih, ketika atas dasar kasih sayang mendominasi maka segala aktivitas dilaksanakan dengan rasa kecintaan dan penuh kebaikan.

Hal ini tentu saja mereduksi hakikat kemanusiaan kita dari makhluk spiritual menjadi makhluk fisik. Maka, tak aneh kalau sebutan kita adalah sebagai hewan ekonomi, hewan politik, dan sebagainya. Bahkan diriwayatkan dalam suatu kisah, Umar dan salah seorang sahabat nabi yang lain, Abu Bakar, berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan. Hal itu membuat Umar kerap berdoa agar Allah menjaga niatnya ketika Umar berbuat baik.

Menjadi orang yang selalu tulus dalam berbuat baik

Itu bukan hanya berlaku bagi kaum beriman kristiani, melainkan bagi semua orang yang berkehendak baik, yang hatinya menjadi kancah kegiatan rahmat yang tidak kelihatan. Akhirnya kodrat nalariah pribadi manusia disempurnakan melalui kebijaksanaan, yang dengan cara yang menyenangkan menarik budi manusia untuk mencari dan mencintai apa yang serba benar dan baik. Dengan kebijaksanaan itu manusia diantar melalui alam yang kelihatan kepada kenyataan yang tidak kelihatan.

Comments are closed.